Selasa, 15 Januari 2013

Artikel Terbaru

Artikel Terbaru

Link to Gus Adit

Membuat Link Secara Otomatis pada Keyword Tertentu

Posted: 03 Jun 2010 06:40 AM PDT

SEO Smart LinksKetika membuat sebuah postingan, saya yakin Anda pasti sering memasukkan link, misalnya link menuju artikel lain pada blog kita. Hal ini sangat penting dari segi SEO ataupun untuk pengunjung. Namun, mungkin Anda sering membuat link yang sama pada beberapa artikel. Apalagi jumlah link tersebut banyak. Contohnya pada blog Dunia Komputer saya. Saya sering sekali memberikan link ke home page blog tersebut untuk keyword “Dunia Komputer” serta “Artikel komputer”. Dan hampir disetiap artikel, saya selalu menambahkan 2 keyword tersebut. Jadi setiap saya membuat artikel saya mesti selalu menambahkan link yang sama. Tentu hal ini cukup merepotkan bukan?

Ada sebuah cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan membuat link secara otomatis untuk keyword tertentu pada artikel Anda. Caranya yaitu dengan menggunakan sebuah plugin yang bernama SEO Smart Links. Bagi Anda yang sudah lama menggunakan blog WordPress yang di hosting sendiri, tentu tidak asing lagi dengan plugin yang satu ini. Bagi Anda yang belum tahu, mungkin Anda patut mencoba plugin SEO Smart Links ini.

SEO Smart Link adalah sebuah plugin untuk membuat link otomatis untuk keyword tertentu pada blog. Plugin ini dibuat oleh Vladimir Prelovac saat ini telah mencapai versi 2.6. Dengan plugin ini sebuah link secara otomatis akan dibuat jika ditemukan kata, prase atau kalimat yang sama dengan judul artikel yang sudah pernah Anda buat di blog. Sebagai contoh, saya ambil 2 postingan saya sebelumnya yaitu yang berjudul 2 Plugin Statistik Blog WordPress dan Cara Membuat Widget Artikel Populer di Blog WordPress. Dua judul tadi tidak saya berikan link pada saat membuat posting ini. Namun, sekarang saat Anda membaca artikel ini, Anda akan melihatnya sebagi link. Seperti itulah plugin SEO Smart Link bekerja dengan memeriksa judul artikel.

Namun, apa hanya jika ada judul artikel yangs ama saja sebuah link otomatis akan dibuat? Tidak. Anda bisa mengatur agar keyword tertentu secara otomatis membuat link ke sebuah halaman yaitu melalui input custom keyword pada setting plugin SEO Smart Links. Misalnya, saya mengatur agar keyword Tutorial WordPress secara otomatis di link ke home page blog ini. Maka, Anda akan melihat keyword Tutorial WordPress tadi sebagai link. Padahal saya tidak memasukkan link pada kata tersebut.

Selain itu, jumlah link juga untuk satu keyword bisa Anda batasi agar tidak terlalu banyak link yang dibuat ketika Anda menulis lebih dari 1 keyword yang akan secara otomatis dibuatkan link. Pada blog ini jumlah link untuk keyword yang sama saya batasi cuma 1 (satu) saja. Jadi sekalipun keyword tersebut saya ulang 100 kali pun, cuma satu saja di berikan link yaitu keyword pertama. Contohnya bisa Anda lihat pada contoh diatas tadi yaitu pada keyword Tutorial WordPress. Padahal saya menulisnya sebanyak 3 kali. Namun cuma 1 yang berupa link.

Cara Install Plugin SEO Smart Links

Cara melakukan instalasi plugin SEO Smart Links tidaklah terlalu susah. Sama seperti melakukn instalasi plugin WordPress lainnya yang saya bahas sebelumnya yaitu dengan menggunakan fitur Search Plugin pada halaman Add New Plugin. Untuk lebih jelasnya berikut cara install plugin SEO Smart Links:

  1. Pada dahsborad klik Plugins » Add New
  2. Di halaman Add New plugin, ketik SEO Smart Links pada kotak pencarian dan klik Search.
  3. Setelah hasil pencarian muncul, klik Install pada plugin bernama SEO Smart Links by Vladimir Prelovac, versi 2.6
  4. Install Plugin SEO Smart Links

  5. Kemudian pada jendela yang muncul klik Install Now dan proses install plugin di mulai.
  6. Setelah proses instlasi selesai, klik Activate Now untuk mengaktifkan plugin.

Proses installasi telah selesai sampai disini dan plugin SEO Smart Links telah aktif. Kini saatnya melakukan beberapa pengaturan untuk plugin ini. Pengaturan plugin SEO Smart Links saya rasa tidaklah terlalu susah. Namun, jika Anda butuh bantuan silahkan ajukan melalui kotak komentar atau menghubungi saya melalui form kontak. Saya akan menjawabnya sebatas kemampuan saya.

Sekian tips cara membuat link secara otomatis pada keyword tertentu pada blog WordPress. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar